Sabtu, 02 Juni 2012

Temanku - Kahlil Gibran. (For you guys XI IPA 4)


Temanku, aku tidak seperti yang terlihat
Yang terlihat adalah pakaian yang kukenakan
Pakaian dengan tenunan indah yang melindungiku
dari pertanyaan-pertanyaanmu
dan kamu dari pengabaianku
‘Aku’ dalam diriku, temanku, tinggal dalam rumah
kesunyian, dan di dalamnya tidak dapat didekati
Aku tidak akan memintamu percaya pada
kata-kataku atau apa yang kulakukan
Karena kata-kataku adalah pikiranmu sendiri dalam
kata-kata dan perbuatanku adalah
harapanmu yang terwujud
Ketika kau berkata, “Angin berhembus ke timur,”
Aku berkata, “Ya, angin bertiup ke timur,”
Karena aku tidak akan memintamu bahwa
pikiranku tidak berada dalam angin
melainkan di lautan
Kau tidak dapat mengerti pikiran lautku
Aku juga tidak akan memintamu untuk mengerti
Aku akan berada di laut sendirian
Ketika siang bersamamu, kawan, bagiku itu malam
Bahkan ketika aku berbicara tentang
pasang yang menari di atas bukit dan
bayangan ungu yang mencuri jalannya
menyeberang lembah
Karena kau tidak dapat mendengar
nyanyian dari kegelapanku atau
melihat sayap-sayapku mengepak menentang bintang
Dan aku tidak akan memintamu
untuk mendengar atau melihat
Aku akan berada dalam malam sendrian
Ketika kau naik menuju Surgamu
Aku turun ke Nerakaku
Bahkan ketika kau memanggilku
melalui teluk tak berjembatan
“Temanku, kawanku”
Dan aku memanggilmu kembali
“Kawanku, temanku”
Karena aku tidak akan memintamu
untuk melihat Nerakaku
Apinya akan membakar penglihatanmu
Medan asapnya akan merambat ke lubang hidungmu
Dan aku terlalu mencintai Nerakaku
untuk membiarkanmu mengunjunginya
Aku akan berada di nerakaku sendirian
Kau mencintai Kebenaran dan Keindahan dan Ketepatan
Dan aku demi kau berkata bahwa
itu baik untuk mencintai hal-hal itu
Tetapi dalam hatiku aku menertawakan cintamu
Tetapi aku tidak akan memintamu
untuk melihat tawaku
Aku akan tertawa sendirian
Temanku, kau bukan temanku
Tetapi bagaimana aku membuatmu mengerti?
Jalanku bukan jalanmu
Namun kita berjalan bersama
Bergandengan tangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar